h1

Gelombang Panas di Eropa

July 19, 2006

artikel

Minggu minggu ini Eropa resmi masukiin musim panas. Heeh… artinya nih, sampe akhir bulan Agustus di eropa bakal harus siap sedia menghadapi udara yang puanaas dan lembab sekale. Eropa bagian barat – utara pada umumnya dan Belanda pada khususnya – biasanya hanya bisa nikmatin hari cerah, dengan panas bermatahari kurang lebih 18 hari selama musim panas yang officialnya 3 bulan itu. Tapi karena fenomena gelombang panas – yang sama terjadi seperti tahun 2003, suhu siang hari di musim panas di daerah Almere – Amsterdam dan sekitarnya bisa mencapai hampir 36 derajat Celcius. Phewww….Panas, panas, panas … semua orang berterak panas. dan panasnya aspal jalanan menurut berita sekitar 50 derajat Celcius. Mmm.. goreng telor bisa yah artinya.

Rumah-rumah disini – termasuk rumah gue dan juga sebagian besar dari transportasi umum disini tidak memberikan fasilitas AC. Boro-boro gue punya AC dirumah, kipas angin aja ga punya. Banyangin dong.. mungkin dari 400 rumah cuman 1 yang punya AC dirumahnya. Pengatur (fentelasi) di dalam kereta atau buspun amat sangat minimalis banget. Mereka (bus/kereta) cuman punya jendela-jendela kecil doang. Yang ada ga bisa ngalahin panasnya udara dari luar. Pulang kerja, gue bela-belain naik kereta yang stop di setiap statiun kalo pulang kerja, karena biasanya stoptrein selalu dengan fasilitas AC daripada kereta cepat tapi pingsan. Dirumahpun, jendela rumah ma pintu selalu gue buka untuk bisa dapet AC alam, tetep aja, ngelekep.

Musim panas begini ada juga yang untung nih bagi para pe-bisnis yang terkait dengan musim panas, seperti es krim dan rekreasi pantai dan juga penjual bikini hehehehe… :P  laku keras man!

Ada hal lain nih yang gue temuin selama disini. Di Indonesia, para wanita yang gue tausebagian besar, dituntut untuk membenci sinar terik matahari. Kulit coklat – bak madu (sawo matang)dipandang seperti sesuatu yang tidak indah, dan produk pemutih atau suntikan pemunih pun membanjiri pasar, salon dan toko toko kosmetik. Hehehe.. disini malah kebalikannya. Matahari dibuat penambah cantik/tampan penampilan. Dan juga kalo kulit kita tan (baca coklat) artinya kita mampu bayar liburan ke tempat bermatahari (i.e spanyol, portugal, yunani dlsb). Setiap kali ada sinar matahari nih dan udara enak sedikit ajah, para wanita disini langsung deh berpakaian sedikit (lebih) terbuka dan terus mereka duduk-duduk di taman, di teras-teras cafe supaya dapet semaksimal mungkin membakar kulitnya di bawah terikmatahari.

Kulit tan (baca: coklat) seperti kulit gue ini dipandang ideal… mereka iri banget ma kulit gue yang permanent tan (baca: coklat) Cieeee….  Temen temen gue yang bule bule, pengen banget punya kulit coklat (baca: tan) ini dan bela belain kalo gak musim panas – ke zonnebank (sun studio) buat dapetin kulit tan. Biarpun berjemur sampe ubanan bukannya jadi gelep malah jadi merah kebakar hehehe sukurin!!! Musim panas pun penuh dengan adegan berjemurnya para wanita wanita di taman kota, pantai, pinggir danau, atau di balkon apartemen masing-masing. Wanita muda bertelanjang dada berjemur di balkon apartemennya sambil membaca novel dengan santainya… bukan pandangan asing… uuuh EGP banget yah!

9 comments

  1. Kok, di Eropa musim panasnya bisa panas banget, sih?! Tapi, kalau udah biasa dengan cuaca Indonesia, emang lebih enak di Indonesia. Kangen negri sendiri gak?!


  2. wah enak dong.


  3. Huhhhh,,,,Tetap enak di negeri sendiri yawww!!!!!Gimana yaww, rasanya di eropa pake jilbab pas musim panas????Subhanallah panasnya api neraka lebihhhhhh puannaaaasssss!!!!!


  4. Blog nya lumayan, jadi ngerti deh suasana nya…. Kapan2 aku biusa diundang ke sana………


  5. Kata emak gw, orang timur kalo putih itu pekerja indoor, kayak bos. Kalo barat, kulit hitam artinya habis liburan. OK?


  6. segeeeer,,,liat bule pada bejemeuuuuurrr,,,,,asyik deh


  7. yo uenak dinegeri sendiri lah,,walopun ga pernah liat cewek tetangga berjemur telanjang dada,,he he,,tp q jg pingin main ke eropa nih,,mimpi x ya,,,


  8. memang bgus pun tajuk GAMBAR PANAS.yg pegi duk bwh cahaya matahari tu watpe.bodoh btl org putih ni.


  9. ada lagi x. kalau ada nak try sekali



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: