h1

Circle Party, Cakes and Coffee

November 21, 2006

Tipikal pesta ulang tahun di Belanda adalah duduk melingkar, sambil ngobrol ngelara ngidul sambil menikmati kopi dan kue tart.

dsc00493-793245.jpg

******

Untuk kebanyakan orang yang tinggal di Belanda, tidak jarang kalau kita sewaktu waktu di haruskan untuk datang ke pesta paling penting sebagai family gathering – pesta ulang tahun.

Pesta ulang tahun di belanda termasuk adat istiadat yang cukup tua dan berlangsung turun temurun. Pertama kali menghadiri pesta ulang tahun di Belanda. Saya berpikir, kenapa sih setiap orang harus duduk bersama dan didalam satu lingkaran. Kadang-kadang lingkaran kecil, kadang-kadang lingkaran besar. Tergantung berapa banyak yang hadir. Setiap pojok kosong selalu berisikan kursi kursi. Makanan pun di putar sekitar meja. Tidak afdol pesta ulang tahun tanpa menyediakan kue tart dan kopi. Yes… lots of coffee. Dan merupakan tradisi (keharusan) kita mengucapkan selamat ulang tahun, bersalaman, cium pipi kiri kanan kiri (selalu 3 kali) kepada semua orang yang hadir di pesta itu. Gefeliciteerd met je man; gefeliciteerd met je zon, gefeliciteerd met je vader. (selamat ulang tahun untuk suami kamu atau selamat ulang tahun untuk anak kamu, selamat ulang tahun untuk ayah kamu) tergantung siapa yang kita selamati saat itu. Apa harus… kayanya sih gitu. Saya mah ngikutin aja apa yang sudah ada. Dari pada di kutuk jadi tanaman merambat. Yang pasti kita saling menyelamati jadi bukan hanya si Ulang tahun yang mendapati selamat dari tetamu yang datang.

Dulu mungkin acara ulang tahun, duduk membuat lingkaran adalah cobaan yang paling dalam – karena waktu itu saya belum bisa berbahasa belanda. Mendengarkan mereka ngobrol seperti mendengarkan lebah mendengung🙂 Sekarang, I enjoy the time I spend with them.

So, last weekend was the birthday party. I don’t have any cake at all🙂 instead of cake I have pataks with mango chutney dan juga menyediakan tapas.. hahaha sudah tentu Belanda-belanda ini protes karena tidak ada Gebak🙂 Aaaah please deh, sekali sekali we need brake the tradition. Well.. anyways, tapi sepertinya brake the tradition susah juga untuk yang sudah mendarah daging. Mereka tetap berkhayal kalau sebenernya saya punya gebak tapi mau dikeluarin sebagai teman minum kopi sehabis makan malam. Hahaha…. well… I really dont buy any cakes🙂 Dan mungkin next party – kita harus buat di pinggir pantai atau di tengah hutan.

Tapi pesta hari Sabtu cukup sukses dengan masakan masakan saya bertema Italy hehehe.. jadi tidak ada zuurkool atau gehakt balletje sama kentang pure plus sayuran godok. Cukup champinon soup dengan bislook, macaroni schotel, spagetti al tonno, lasagna, tomato mozarella, dan fresh italian salad😛

Compleanno felice !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: